Sudahkah Rumah itu Tersedia Bagi Kita dan Sudahkah Kita Tinggal Di Dalamnya

By July 28, 2016Eskatology
rumah bapa kebenaran memerdekakan

Father’s house

Yohanes 14:2-3 (TB) Di rumah Bapa-Ku Banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Rumah Bapa yang Yesus katakan dimana Dia akan pergi dan banyak tempat tinggal di sana. Yesus pergi kesana dan akan kembali bila rumah itu selesai untuk membawa kita dan berdiam bersama-Nya selamanya.

Apakah begitu lamanya Yesus mempersiapkan rumah (di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal) untuk kita dan tidak selesai-2 rumah yg di siapkannya itu sampai sekarang, sudah 2000 tahun janji-Nya itu, atau kita salah dalam mengartikan apa yang Yesus maksudkan dengan kata di rumah Bapa-Ku dan juga salah mengartikan RUMAH BAPA

Sebelum Yesus mengatakan dalam ayat di atas, dalam suatu peristiwa, Dia pernah mengatakan : Rombak bait Allah ini dan Aku akan membangun/mendirikannya dalam tiga hari.

Yohanes 2:19, 21 (TB) Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Hal ini terjadi saat Yesus mengusir pedagang-2 yang ada di Bait Suci.

Dalam ayat ini dikatakan bahwa Bait Allah/ RUMAH ALLAH yang dimaksudkannya itu adalah tubuh-Nya sendiri.
Kalau Bait Allah itu tubuhnya sendiri, maka hal itu mengacu pada waktu tiga hari dimana Dia mengalamI kematian dan kebangkitan-Nya yang terjadi dalam tiga hari.

Kebangkitan-Nya itu merujuk kepada Bait Allah yang Rohani dan bukan bangunan secara phisik yang dapat dilihat oleh mata tetapi dengan iman, dan juga bukan mengarah kepada bangunan Bait Allah yang dihancurkan pada tahun 70 AD dan Yesus akan membangun/mendirikan kembali. Berarti Rumah Bapa/ Allah yang Yesus maksudkan disini adalah tubuh-Nya sendiri.

Pada saat Yesus mengatakan Dia akan pergi dan menyediakan tempat bagi kita dan membawa kita ke Rumah Bapa-Nya.

Apa yang di maksud dengan pernyataan Rumah Bapa dimana Dia pergi utk menyediakan tempat untuk kita dan bila sudah selesai akan kembali ke pada murid-2 Nya ?

TubuhNya adalah Rumah Bapa/Bait Allah, setelah kebangkitan-Nya, Dia datang dan menampakkan diri kepada murid-2 Nya dan orang banyak. Saat Dia hadir kembali/bangkit setelah kematian, Dia datang kembali dan Rumah itu sudah selesai di kerjakanNya yaitu tubuhNya sendiri yang secara rohani adalah Bait Allah/Rumah Allah, dimana orang percaya tinggal di DALAMNYA.

ORANG PERCAYA YANG TINGGAL DALAN KRISTUS INILAH YG SUDAH MENEMPATI/TINGGAL DALAM RUMAH ALLAH/BAIT ALLAH/TUBUH KRISTUS.

Orang yg beriman ke pada-Nya berada di dalam Kristus ( dalam Bait Allah / Tubuh-Nya) saat kita menjadi ciptaan baru/di Dalam Kristus yang dilahirkan dari air dan Roh ( Di dalam Kristus kamu adalah ciptaan baru ).
Sekarang ini kita sudah berada di Rumah Bapa/dalam Kristus/Bait Allah dan sudah tinggal di dalam rumah tersebut.

Kalau Yesus disebut yang sulung bangkit dari antara orang mati.

Kita pun yang sudah di lahir kan kembali melalui kematian dan kebangkitan Kristus, maka kita memperoleh hidup yang baru, karena kita dahulu mati dan sekarang kita di hidupkan bersama dengan Kristus/bangkit bersama kristus dimana Kristus yang sulung dan kita yang percaya kepada-Nya juga hidup dan hidup kita yang baru ini bukan hidup dengan manusia yang lama lagi tetapi menjadi manusia yang baru dan tinggal di Rumah Bapa ( bisa juga sudah bersama dengan Bapa / Kristus di sorga walaupun jasmani kita masih berada di dunia.

Saat Yesus bangkit ( yang sulung bangkit dari antara orang mati) tubuhNya adalah Bait Allah/Rumah Allah, sedangkan kita orang percaya juga di katakan : Tidak tahukah kamu bagwa tubuhmu adalah Bait Allah dan Roh Allah tinggal/diam di dalamnya.

1 Korintus 3:16 (TB) Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Disini kita melihat, bahwa bukan hanya kita/orang percaya yang tinggal dalam Kristus/Bait Allah/Rumah Allah; tetapi Roh Allah juga tinggal dalam kita.

Kita disebut Bait Allah karena yang Sulung sudah bangkit dan mengenakan tubuh yang baru/ Bait Allah maka kita yang bangkit bersama Kristus pun mengenakan tubuh yang baru yaitu bait Allah / kemah yang Baru/kemah Allah /Kemah Abadi.

Yesus mengatakan di mana Aku berada, kamupun berada. Apa yg Kristus katakan sudah di genapi-Nya dan sekarang kita selalu bersama dengan Dia.

Jika tubuh kita di sebut Bait Allah dan Roh Allah tinggal di dalamnya.

Maka terjadi sudah yang di katakan :
TINGGALLAH DI DALAM KU DAN AKU DI DALAMMU MAKA KAMU AKAN BERBUAH DAN DI LUAR AKU KAMU TIDAK DAPAT BERBUAT APA-2.

Yohanes 14:20 (TB) Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

Yohanes 15:5 (TB) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Hidup inilah yang Yesus inginkan terjadi dalam kehidupan orang percaya, dan semua itu sudah terjadi dan dapat dilihat/dimengerti di dalam iman bagi yang percaya.

Orang percaya akan berbuah banyak dan hal tersebut dapat terjadi jika KITA TINGGAL DI DALAM DIA ( BAIT ALLAH/RUMAH ALLAH ) DAN DIA TINGGAL DALAM KITA, KARENA KITA BAITNYA.

~SS~